Cara Membuat Link di HTML

Share:
Link biasanya digunakan di dalam tag <a></a>, didalam tag <a></a> kita bisa menambahkan atribut ‘href=”#” ’ , nah atribut href ini lah yang membuat link kita aktif. Dalam postingan kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat  link di html dengan mudah. Supaya lebih jelas saya akan membuatkan contoh.

Kawan-kawan bisa menambahkan kode dibawah ini ke text editor kalian.

<html>
<head>
                <title>Contoh Link</title>
</head>

<body>
                <h2>Belajar Membuat Link di HTML</h2>
                <p>Ini adalah sebuah <a href="hasil-link.html">LINK</a>,
                yang apabila diklik, maka akan menuju ke halaman berikutnya</p>
</body>
</html>
          
Penjelasan :
-        Buat lah halaman dasar html, bagi kawan-kawan yang belum mengetahui cara   membuat halaman dasar html kawan-kawan bisa lihat Disini.
-         Simpan dengan nama link.html
-         <h2>Belajar Membuat Link di HTML</h2> , saya memberikan tag heading 2  sebagai judul (Boleh menggunakan tag heading yang lain).
-         Tag <p></p> adalah tag yang mendeklarasikan sebuah paragraf.
-          <a href="hasil-link.html">LINK</a>, ini adalah link . tag <a></a> berada di  dalam tag <p></p> , ini berarti link yang kita buat berada didalam paragraf.

Jika sudah disimpan, maka tampilan yang akan muncul di browser seperti ini.


Nah sekarang kita akan membuat target halaman yang akan di link kan . buat halaman baru dengan nama hasil-link.html. dan masukkan kode berikut ini :

<html>
<head>
                <title>Hasil Link</title>
</head>

<body>
                <h2>Selamat </h2>
                <p> Link aktif dan berhasil di buat</p>
</body>
</html>

Catatan :
-           Pastikan halaman yang kita buat sebagai target link berada dalam satu root folder/ atau disimpan dalam 1 folder pada halaman link1.html



-     Nama pada atribut href=’hasil-link.html’ harus sama dengan nama halaman yang akan kita targetkan. Misalnya href=’hasil-link.html’ , maka kita harus membuat nama halaman yang di targetkan yaitu hasil-link.html juga.


Apabila link cara diatas sudah di mengerti dan sudah dilakukan , maka tampilan 
halaman setelah link pada halaman link1.html di klik maka akan menuju halaman 
hasil-link.html.


Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat link ? .. Ini adalah contoh membuat link yang paling sederhana yang saya buat, kawan-kawan bisa mengembangkan lagi sendiri atau mencoba membuat link dengan tema yang lain. Intinya yang perlu kita pahami ialah penyimpanan file html yang harus berada dalam 1 root folder, kemudian nama pada atribut href harus sama dengan nama halaman yang dituju.

Oke, apabila ada yang kurang mengerti bisa memberikan komentar dibawah.. sekian dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba J

No comments