11 Shortcut di Keyboard yang mungkin belum kamu Ketahui

Share:


Dikeyboard komputer atau laptop kita terdapat banyak tombol-tombol yang kita gunakan untuk mengoperasikan komputer atau laptop kita. Fungsi utama dari keyboard itu sendiri ialah untuk mengetik, kalau tidak ada keyboard , bagaimana kita akan mengetik?. Yang kita gunakan untuk mengetik ialah hanya tombol huruf aA-Zz dan angka 0-9. Di keyboard juga terdapat tombol-tombol selain tombol huruf yang biasa kita gunakan untuk mengetik. Misalnya Enter,Tab,Ctrl,Shift dll.

Terus apa fungsi-fungsi tombol tersebut selain untuk mengetik?, ya.. tombol-tombol tersebut berguna untuk jalanpintas (shortcut), alias mempercepat pekerjaan kita tanpa menggerakkan mouse. Misalkan saja fungsi tombol F5, tentu tidak asing bagi kita dan sering kita gunakan, fungsi tombol F5 ialah untuk mere-fresh tampilan kita. Dan juga shortcut alt+F4 , yakni jalan pintas untuk keluar dari program kita. Namun selain fungsi yang tadi, masih banyak fungsi-fungsi shortcut di keyboard guna untuk mempermudah kita dalam menjalankan komputer.
                
Dan saya akan membagikan beberapa fungsi shortcut di windows. Berikut beberapa shotcut di keyboard yang wajib kamu ketahui:

1.)  F2

Mungkin bagi yang belum tahu jarang menggunakan tombol ini, fungsi tombol F2 pada keyboard iala Merubah Nama dari suatu File/Folderfungsi ini sama seperti yang kita lakukan jika ingin mengubah nama file, maka biasanya kita akan melakukan klik kanan pada file yang akan diubah, kemudian rename. Dengan tombol F2 , kita bisa langsung mengubah nama pada file/folder.

      2.) Shift+Delete

            Untuk menghapus sebuah file/folder , kita biasa menggunakan tombol Del di keyboard. Dan file atau folder yang kita hapus tadi tidak langsung hilang dan akan dipindahkan ke Recycle Bin, ya.. memang hal ini membuat atau memakan memori. kawan-kawan bisa menggunakan shortcut di keyboard dengan Shift+Del, yaitu Menghapus file atau folder secara permanen tanpa dipindahkan ke Recycle Bin. Maka , file atau folder yang di hapus akan hilang permanen. Mungkin harus sedikit hati-hati dalam menggunakan fungsi shortcut ini, saya sarankan memang harus file/folder yang sudah tidak diperlukan lagi.
     
      3.) Logo Windows + E
  
             Membuka my computer dengan cepat tanpa mengklik Icon My Computer. Fungsi shortcut ini juga berguna bagi kawan-kawan yang ingin langsung dengan cepat membuka my computer.

4.) Logo Windows + Tab

Membuka tab jendela komputer yang sedang aktif dalam bentuk 3D, fungsi shortcut ini juga sama dengan fungsi shortcut alt+tab. Namun yang membedakan fungsi shortcut Logo windows+Tab ini ialah tampilan Flip 3D  yang begitu menarik.

5.) Logo Windows + R

Berfungsi untuk membuka jendela dialog run. Dengan menekan tombol Windows+R , kawan-kawan bisa langsung membuka jendela kotak dialog run.

6.) PrtSc SYSRQ



Mungkin kawan-kawan sudah pernah menggunakan fungsi tombol ini, yaitu untuk Men-Screenshot tampilan kita. Dengan fungsi keyboard ini, kita tidak perlu menggunakan software untuk men screen shot . Untuk men screen-shot tanpa software bisa dilihat caranya Disini.

7.)  Logo Windows + L

Fungsi shortcut ini ialah untuk me-Lock(Mengunci) PC kita, dan kawan-kawan akan memasukkan password(bila menggunakan password) untuk masuk lagi ke PC.

8.) Backspace

Kita biasa menggunakan tombol ini untuk menghapus tulisan, nah jika kita sedang membuka file explorer atau my computer, maka tombol backspace bisa kita gunakan untuk kembali .

9.) Alt+Enter

Untuk Membuka Jendela Properties pada suatu file/folder. Kita bisa membuka jendela Properties tanpa harus mengklik kanan di file/folder kemudian mengklik Properties.

10.) Ctrl+F

Biasanya fungsi shortcut dikeyboard ini berfungsi ketika kita sedang membuka jendela . Ctrl+F berfungsi untuk mencari/menemukan kata.

11.) Shift+F10




Shortcut ini berfungsi untuk klik kanan. Kita juga bisa melakukan klik-kanan pada mouse di keyboard dengan memanfaatkan shortcut Shift+F10. Selain Shift+F10, ada tombol di keyboard yang berfungsi sama yaitu Menu Key. Tombol ini berada di bawah di deretan spasi, biasanya gambar logo tombol ini kotak ada cursornya. Tombol ini juga berfungsi sebagai klik kanan.


Itula beberapa shortcut di keyboard yang mungkin belum kamu ketahui. Masih banyak lagi shortcut keyboard dan hanya beberapa saja yang saya ketahui dan saya jelaskan disini. Mulai sekarang kawan-kawan bisa menghemat waktu dengan menggunakan fungsi shortcut di keyboard, walaupun sedikit , hehehe...  Selamat Mencoba 

Jika ada yang kurang jelas bisa berikan komentar dibawah, sekian dari saya, semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

3 comments: