Cara Mudah Membuat Daftar isi di WORD

Share:
Sebelumnya pasti teman-teman ada yang membuat titik-titik di daftar isi dengan manual, yaitu mengetik titik-titik tersebut (termasuk saya :D).  Kadang titik-titik nya pas kadang tidak rata kiri kanan. Dan membuat nya juga capek dan ribet. Membuat daftar isi sebenarnya tidaklah sulit. Didalam Microsoft Word sudah ada fasilitas yang diberikan untuk membuat daftar isi dan gampang untuk digunakan. Nah disini ada tips untuk membuat daftar isi yang rapi dan mudah untuk dibuat.
            
Nama fasilitasnya iyalah Table of Content. Bisa kita temukan di tab menu References. Disana ada pilihan untuk membuat daftar isi secara manual dan otomatis. Kita akan bahas dan praktekkan cara membuat daftar isi manual dan otomatis. Yang pasti daftar isi yang akan kita buat lebih rapi dan mudah membuat nya.


1.      Membuat Daftar isi Manual

Cara untuk membuat daftar isi secara manual ialah dengan sebagai berikut.

- klik tab menu References , pada tab Table of Contents klik table of contents dan Pilih Manual Table


- Kemudian tinggal ganti tulisannya / edit tulisannya dan isi sesuai dengan halaman. Dan untuk menambahkan tulisan supaya tetap rapi , bisa di copy paste saja. Untuk mengisi nomor halaman juga kita lakukan dengan manual.



            Cukup mudah dan sederhana hasilnya bagus. tetapi kita harus membuat nomor halaman secara manual. Kan agak lama untuk membuat nomor halaman kita harus cek dan periksa bahwasannya pembahasan ini ada di halaman berapa dan seterusnya. Dan ada fasilitas yang lebih memudahkan kita untuk membuat daftar isi hanya dengan sekali klik. Yaitu dengan Automatic Table.


2.      Membuat Daftar isi Otomatis

Untuk Membuat daftar isi sangat lah mudah dan cepat. Tetapi.. ada tapi nya, ada syarat nya untuk membuat daftar isi otomatis. Tenang ,syarat nya cukup mudah. Dalam membuat judul halaman yang ada diatas seperti Kata Pengantar, Daftar Isi , BAB I PEMBAHASAN , pastikan kita membuat nya dengan style headings. Kunci dari membuat dafat isi otomatis  ialah kita memberi headings pada setiap judul pembahasan kita.  Berikut cara memberikan heading pada judul.

- Seleksi judul, kemudian pada tab style yaitu ada diatas, pilih heading 1. Maka tulisan akan berubah menjadi biru, kalian bisa merubah warna tulisannya di tab font.


- Lakukan hal yang sama pada judul-judul berikutnya.


- Ingat , dalam memberikan style heading 1 dan heading 2 tidak sembarang. Untuk mudahnya seperti ini, heading 1 itu judul, sedangkan heading 2 untuk sub judul . Contoh : Kata Pengantar , Daftar Isi, BAB I PEMBAHASAN merupakan judul yaitu heading 1. Karena di BAB I ada latar belakang,rumusan masalah, nah yang ini namanya sub judul, maka kita gunakan style heading 2. Begitu juga seterusnya jika ada sub judul lagi didalam sub judul maka gunakan style heading 3. Begitu seterusnya.

Oke jika semua judul judul pembahasan sudah diberikan headings, maka saat nya kita membuat daftar isi secara otomatis dan mudah dalam satu klik.

Berikut cara cara nya :

1. Buat halaman daftar isi yang diberi judul dengan style heading, pastinya heading1.


2. Klik tab menu References, pada tab Table of content . klik table of content dan pilih Automatic table.


- Dan Boom. Maka langsung otomatis daftar isi sudah jadi dengan nomor halaman yang otomatis mengikuti halaman. Dan apabila tulisan table of content yang bewarna biru tidak diperlukan maka bisa dihapus.


Itulah langkah2 dalam pembuatan daftar isi secara otomatis maupun manual . Sangat mudah dan cepat. Perbedaannya manual dan otomatis ialah kalau manual kita membuat tulisan judul dan nomor nya secara manual, enaknya sudah ada kerangka nya tinggal kita isi sendiri. Nah kalau otomatis judul tulisan dan nomor halaman sudah benar benar langsung jadi . tidak perlu membuat nomor halaman lagi . dan nomor halaman akan otomatis mengikuti halaman.

Baiklah, sekian dari saya . semoga bermanfaat. Selamat Mencoba J


No comments