Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Share:

Nomor halaman pada sebuah makalah atau buku sangat penting dan dibutuhkan guna untuk menandai isi halaman. Nomor halaman mempermudah untuk mencari bab,isi yang ingin dibaca melalui daftar isi. Untuk membuat nomor halaman sebenarnya mudah. Untungnya di microsoft word sudah ada fasilitas untuk memberikan nomor pada halaman. Dengan page number kita bisa membuat nomor halaman dengan mudah dan cepat. Baiklah langsung saja kita praktekkan untuk cara membuat nomor halaman di word.

       1.       Persiapkan file atau document yang ingin diberi nomor halaman
       2.       Arahkan mouse ke tab menu insert kemudian di tab  header & footer klik page number


       3.       Maka akan muncul pilihan untuk posisi nomor halaman, top of page berarti nomor halaman      berada di atas, dan biasanya yang sering digunakan posisi bottom of page yaitu posisi nomor    halaman berada di bawah, nah setelah itu muncul juga pilihan di kiri, tengah , atau di kanan .
       4.       Sebelum itu kita bisa mengatur format nomor halaman kita, kita bisa membuat nomor halaman dalam format angka misal 1,2,3 atau angka romawi misal i,ii,iii,iv dll. Caranya iala dengan meng klik format page number pada pilihan page number.



       5.       Pada number format , pilih format angka yang ingin digunakan untuk membuat nomor halaman.
       6.       Jika sudah klik ok.
       7.       Maka tampilan akan seperti ini, kemudian klik close pada pojok kanan atas.



       8.       Dan nomor halaman kita sudah jadi , cukup mudah dan sederhana.


Kita sudah berhasil mempraktekkan membuat nomor halaman di word. Nah bagaimana jika kita ingin membuat nomor halaman dengan format yang berbeda, misalnya dalam sebuah makalah , ada cover,daftar isi, kata pengantar , dan isi makalah . di cover kita tidak ingin ada nomor halaman, dan dalam halaman daftar isi ,kata pengantar , biasanya di beri dengan nomor halaman dengan angka romawi. Semua akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Kita akan belajar step by step.  
               
Sekian dari saya semoga bermanfaat.

No comments