Cara Membuat Nomor Halaman berbeda di Word

Share:
Pada postingan sebelumnya Cara Membuat Nomor Halaman di word , kita sudah mengetahui bagamaina cara membuat nomor halaman di word dengan mudah. nah bagaimana kalau dalam satu file atau dokument word yang memiliki format nomor halaman yang berbeda, misalnya untuk cover tidak ada nomor halaman, kemudian pada bagian daftar isi,kata pengantar diberi format nomor halaman dengan angka romawi (i,ii,iii,iv), dan untuk isi diberi nomor halaman angka.

Mungkin sebelumnya untuk membuat nomor halaman yang berbeda seperti itu ada yang membuat nya dengan cara membuat file/document baru , termasuk saya , hehehe… untuk membuat cover saya buat di file baru, tetapi ternyata ada cara mudah untuk kita membuat nomor halaman dengan format yang berbeda dalam satu file. oke langsung saja berikut langkah2 nya.

1. 
Persiapkan file document word , buat 4 halaman dalam word. dengan cara klik tab menu insert , kemudian pada tab menu pages , klik blank page, buat sampe 4 halaman.

         
2.
 Berikan judul untuk masing masing halaman , disini saya membuat cover , kata pengantar , daftar isi , dan BAB I. 





     3. Kunci dari membuat nomor halaman dengan format berbeda iala di break sesi.  kita akan membagi sesi dari file document kita. disini saya akan membagi 3 sesi , yaitu sesi 1 untuk cover , sesi 2 untuk bagian kata pengantar ,daftar isi  dan sesi 3 untuk bab bab isi nya. 
4.
 Cara membreak sesi , yaitu pilih halaman yang akan di break sesi nya,misalnya kita ingin mem break halaman antara cover dan kata pengantar , maka pastikan cursor aktif mouse berada paling atas di halaman kata pengantar.


 5. Setelah itu klik tab menu page layout –> klik breaks pada tab menu page setup, kemudian pilih next page.


         
6. 
Maka halaman cover sudah beda sesi dengan halaman lainnya, nah sekarang kita akan membagi sesi juga untuk halaman bab bab isi nya , lakukan dengan cara yang sama seperti diatas.

         
7.
 Jika sudah dibagi sesi nya, saat nya kita membuat nomor halaman nya , dengan cara klik tab menu insert , kemudian pada tab header & footer klik page numbers , kemudian pilih posisi nomor halaman sesuai keinginan.


8. N
ah maka akan kelihatan di bawah , di cover ialah  section 1 – , kata pengantar dan daftar isi  section 2. dan BAB I menjadi section 3 . disini berarti kita berhasil membagi sesi pada halaman kita.




         
9. K
emudian arahkan cursor aktif ke halaman cover , pada option centang Diferent first page , kemudian hapus nomor halaman di halaman cover., maka nomor halaman di halaman cover akan hilang.


10.
 Selanjutnya ialah membuat format nomor angka romawi pada halaman kata pengantar dan daftar isi. dengan cara. arahkan cursor aktif ke halaman kata pengantar daftar isi , atau di halaman yang sesi 2 . kemudian klik page number pada tab header & footer, kemudian klik format page number.


11.
 Ubah number format menjadi i,ii,iii , kemudian pada page numbering , isi start at dari i, maksud start at ialah dimulai dari. jika sudah klik oke. dan di tab navigasi pastikan link previous aktif.


     Dan maka jadilah nomor halaman kita dengan format angka yang berbeda. cukup sederhana dan mudah.



    
Kunci dari membuat halaman berbeda ialah di section break. intinya kita membagi sesi halaman kita. kemudian baru kita bisa memberikan nomor halaman dengan format yang berbeda.
   
Agar lebih mengerti dan paham , saya sudah siapkan video dibawah ini




Mungkin itu saja yang saya ketahui tentang cara membuat nomor halaman berbeda pada satu file document. Jika ada yang belum mengerti bisa berikan komentar di bawah. sekian dari saya semoga bermanfaat.   

No comments