Cara Membuat Link Action pada Slide di Power Point

Share:
Link biasa kita kenal erat dengan website. Untuk menuju ke suatu halaman, maka dilalui dari sebuah link. Link bisa berupa sebuah tulisan dan bisa berupa sebuah button. Jika link di klik, maka otomatis kita akan menuju ke halaman yang ada di link. Link juga bisa kita terapkan di power point untuk me link sebuah halaman slide. Jadi dengan link, pada halaman slide power point kita bisa membuat navigasi dengan mudah saat di slide show.

Hal ini berguna juga bagi yang ingin membuat power point nya lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat tombol tombol menu sebagai pilihan navigasi.

Untuk membuat link untuk slide dalam power point, kita bisa menggunakan fungsi Action pada power point, fungsi itu bisa kita temukan pada tab menu insert , kemudian di tab links.
               
Baiklah sedikit penjelasan tentang link pada slide di power point, untuk lebih jelasnya berikut ada tutorial contohnya.

1. Buatlah beberapa slide di power point sesuai keinginan, namun disini saya hanya menggunakan 3 slide sebagai contoh.

2. Untuk membuat slide baru , arahkan kursor ke tab menu home , kemudian pada tab slides, klik new slide.

3. Kemudian pada halaman pertama atau awal, buat lah sebuah link , bisa berupa text atau shape sebagai button.

Untuk text nya, saya gunakan text box yang ada pada tab menu insert, kemudian pada tab text. Dan untuk shape nya terdapat pada tab ilustration.


4. Pada slide selanjutnya beri judul halaman slide agar mudah untuk dikenali.



5. Berilah link untuk kembali ke halaman awal pada masing masing halaman.


6. Oke, link sudah siap, tinggal kita aktifkan. Untuk membuat text dan shape nya menjadi link aktif, kita bisa gunakan action, yang berada pada tab menu insert, kemudian di tab links.

7. Pertama kita akan membuat link pada ‘nomor 1’ . karena sebuah text, maka kita seleksi teks tersebut, kemudian klik action.


8. Kemudian pilih hyperlink to: dan pilih slide...


9. Maka pilih slide yang akan dituju, karena nomor 1 ada di slide 2 , maka saya memilih slide 2.


10. Jika tampilan hyperling to: slide 2 , maka klik ok. Dan link sudah jadi. 


11. Untuk membuat link yang lain nya , caranya sama seperti membuat link nomor 1.

12. Untuk melihat hasilnya, silahkan di start slide show , atau tekan F5 di keyboard. Kemudian klik link yang dibuat, maka secara langsung link akan mengarahkan ke slide yang dituju

Begitulah cara untuk membuat link pada slide power point. Cukup mudah dan sederhana. Mungkin bisa digunakan untuk presentasi , bisa dibuat daftar menu pembahasan dan lain lain. Dengan adanya link action pada halaman slide, akan membuat power point menjadi lebih menarik.

Oke sekian dari saya, semoga bermanfaat.

No comments