Membuat Halaman Dasar HTML

Share:

Pada postingan sebelum nya kita sudah membahas
Kumpulan Tag HTML beserta Fungsinya . sekarang kita akan mencoba membuat halaman HTML sederhana atau kerangka dasar HTML. Yang harus kita siapkan pertama ialah Text Editor , kalian bisa gunakan Notepad++, Macromedia Dreamweaver dll. Disini saya menggunakan Notepad++. Oke.. langsung saja kita mulai.

  • Buka Notepad++ ., Kemudian klik menu file, New..
  • Ketikkan kode html dibawah ini
<html>
<head>
                <title>Contoh 1 - Membuat halaman Dasar HTML</title>
</head>

<body>
                Halaman Pertama pada HTML
</body>
</html>


  • Kemudian klik File,Save As atau bisa Ctrl+S , sebelum di simpan,Buat folder baru , di tempat yang kalian ingin simpan . kemudian simpan didalam folder yang kita buat tadi. Disini saya membuat folder baru dengan nama html.


  • Beri file name atau nama file nya, misal contoh1.html . ingat ekstensinya .html , karena ini file html . kemudian klik save.
  • Selanjutnya buka file html ‘contoh1.html’ tadi di browser kalian, caranya buka folder tempat kita menyimpan file html kita.. kemuan klik open with , pilih browser yang ingin kalian buka.


  • Maka akan muncul di browser kita , hasil tampilan yang kita buat tadi.


  • Tada.. Berhasil.. maka akan muncul tulisan Halaman Pertamaku Pada HTML.  Dimana tulisan itu terdapan didalam tag <body>. Sedang kan <title>Contoh1 – Membuat Halaman dasar html </title>  yang berada didalam tag<head> tidak tampilkan karena tag tersebut didalam tag <head> dimana tag<head> fungsinya untuk memberikan informasi web kita.
  • Kemudian kita bisa menambahkan heading untuk judul dan sebuah tag paragraf untuk isinya seperti ini :

  • Buka file contoh1.html tadi dengan notepad++. Kita akan menambahkan sedikit kode html untuk memperbaharui file yang tadi. Kemudian ketikkan kode berikut
     <html>
          <head>
                <title>Contoh 1 - Membuat halaman Dasar HTML</title>
          </head>

          <body>
                <h2>Halaman Pertama pada HTML</h2>
                <p>Ini adalah isi dari halaman pertama pada html</p>
         </body>
     </html>

  • Fungsi tag <h2> ialah memberikan heading atau kepala judul dan <p> ialah fungsi untuk mendefenisikan bahwasannya tulisan itu adalah sebuah paragraf. Jika sudah klik save atau CTR+S.
  • Kemudian kita tes di browser . apabila berhasil maka tampilannya seperti yang diatas tadi.

Sekarang kalian sudah bisa membuat sebuah web dasar HTML.. kalian juga bisa mencoba dengan menambahkan tag-tag yang ada di postingan sebelumnya pada halaman html kalian. Apabila ada yang kurang jelas, kalian bisa komen dibawah.

Oke sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat J

1 comment:

  1. Wow, wonderful weblog structure! How long have you been blogging for? you made running a blog glance easy. The whole look of your web site is wonderful, let alone the content material!
    gmail log in

    ReplyDelete