Fungsi Tombol Tombol Menu Shut Down di Windows 7

Share:

          Setelah pekerjaan atau tugas kita selesai dan sudah tidak ada yang ingin dikerjakan lagi , pasti kita men shut down komputer kita. Karena sayang listriknya, kalau di hidupkan terus sedangkan kita tidak menggunakan lagi. Nah ketika hendak melakukan shut down , Di menu shut down terdapat pilihan lagi, mungkin kita hanya langsung mematikan komputer langsung dengan shut down.
                
          Padahal banyak fungsi fungsi pada menu shut down selain tombol shut down . seperti Switch User, Log Off , Lock , Restart , Sleep , Hibernate. Mungkin ada yang belum tahu tentang menu menu di shut down. Berikut fungsi fungsi dari menu-menu shut down.

  • Switch User. 

Switch User digunakan untuk mengganti user/pengguna tanpa menutup program.
Disini pengguna yang mempunyai hak akses terhadap komputer.

  • Log Off. 

Log Off berfungsi sebagai untuk keluar dari user saat itu juga. Biasa nya komputer yang digunakan lebih dari dua dan untuk memilih atau beralih ke user lainnya.

  • Lock.

Lock berfungsi untuk mengunci komputer. Fungsi lock ini berfungsi misalnya kalian ingin meninggalkan komputer tetapi takut komputernya ada orang lain yang buka, maka kalian bisa menggunakan LOCK fungsi ini cukup aman. Jika ingin masuk lagi ,pengguna harus memasukkan password pengguna (jika pengguna menggunakan password).

  • Restart. 

Menu ini pasti sudah banyak yang tahu, dan sudah sering kita gunakan. Fungsi restart ini ialah untuk menutup semua program yang sedang berjalan dan mematikan komputer kemudian menghidupkan komputer kembali.

  • Sleep. 

Sleep berfungsi untuk mematikan semua komponen komputer kecuali memori (RAM). Dalam fungsi sleep ,komputer berada dalam mode penghematan power dan layar komputer akan berubah menjadi gelap/mati. Dan pada fungsi sleep tidak akan menutup program yang sedang dibuka ,Karena program yang sedang dibuka disimpan di dalam RAM. Ketika komputer dihidupkan kembali ,maka program yang disimpan di dalam RAM akan terbuka kembali. Pada fungsi sleep ini, Aliran listrik tidak diputus dan digunakan untuk RAM. Biasanya fungsi ini digunakan untuk kita yang meninggalkan komputer dalam waktu sebentar. Karena sleep memakan baterai pada RAM.

  • Hibernate. 

Hibernate memliki fungsi yang hampir sama dengan sleep.untuk mematikan semua komponen komputer tanpa menutup program yang sedang berjalan. Bedanya dengan sleep, program yang terbuka akan disimpan ke RAM. Sebelum dimatikan, isi dari RAM akan di salin ke hard disk. Karena pada fungsi hibernate aliran listrik di putus. Kemudian jika ingin menghidupkan kembali .  RAM yang disimpan di hard disk akan dikembalikan dan membuka program yang sedang berjalan pada posisi semula sebelum di hibernate

          Itulah fungsi-fungsi pada menu shutdown di windows 7, sekarang kita bisa tahu kapan menggunakan fungsi-fungsi shut down dengan benar. Semoga dapat bermanfaat.

No comments